Kamis, 14 Maret 2013

Klinik Fotografi Memilih Kamera Kelas Atas yang Pas

Canon 5D Mark III (GettyImages)
Jakarta - Saya bingung memilih antara kamera Canon EOS 5D Mark III, Nikon D800, Nikon D800E atau Sony Alpha 99. Pilih kamera yang mana ya yang terbaik untuk hasil foto dan videonya?

(Oktovany Agmal Armanda)

Jawaban:

Sayang sekali tidak ada kamera yang terbaik di dunia ini, semua kamera punya kelebihan dan kekurangannya, tapi.. ada kamera yang paling cocok untuk kamu.

Nah, kita ulas saja ya, kelebihan dan kekurangan kamera DSLR dan video sehingga bisa cocok sama kamu.

Canon 5D MK III secara spesifikasi sangat seimbang dari kualitas foto dan kecepatan foto berturut-turut. Artinya, 5D cukup serbaguna, mau dipakai untuk foto pemandangan, oke, portrait, oke, wildlife, sports? Oke juga.

Sedangkan Nikon D800 dan D800E unggul di resolusi/ukuran gambar karena memiliki sensor 36 MP. Yang versi E tidak memiliki filter low pass, sehingga hasil fotonya lebih tajam, tapi juga berisiko memunculkan moire (cacat pada gambar) saat memotret tekstur halus seperti pola baju atau tekstur batu.

Resolusi yang begitu tinggi ini memang menarik karena akan menghasilkan foto dan video yang lebih tajam, tapi jeleknya, kecepatan foto berturut-turutnya lebih rendah, yaitu 4 foto per detik saja, dibandingkan 5D yang 6 foto per detik.

Untuk videonya, 5D Mk III unggul di kondisi cahaya yang gelap, dan bebas dari moire, sedangkan Nikon unggul di ketajaman dan adanya mode krop memungkinkan memperpanjang jangkauan lensa.

Sony SLT A99 agak lain karena bukan kamera DSLR, tapi sLT. A99 memiliki beberapa perbedaan penting yaitu layar LCD-nya bisa dilipat dan diputar (praktis saat merekam video di lapangan), punya stabilizer di dalam kamera, sehingga semua lensa yang dipasang akan mendapatkan keuntungan darinya.

Dan kelebihannya dibandingkan kedua DSLR di atas adalah, autofokusnya dapat mengikuti jika subjek bergerak dengan mulus. Sayangnya, Sony A99 tidak memiliki jendela bidik optik (hanya elektronik) jadinya baterai akan cepat terkuras dan saat memotret di tempat gelap akan sedikit sulit melihat dengan jelas.

Saya pikir, untuk kamera serbaguna baik foto maupun video, Canon 5D Mk III pilihan yang cocok. Jika suka foto pemandangan, berencana mencetak foto dengan ukuran sangat besar, Nikon D800/E lebih bagus, dan kalau sering merekam video di lapangan dengan subjek yang bergerak cepat, Sony A99 lebih praktis.

Ingat, ini hanya rekomendasi saja, lebih bagus lagi jika Armanda mencoba sendiri di toko atau meminjam sebelum membeli karena investasi peralatan fotografi ini nilainya cukup besar.

Semoga jawaban ini membantu.